Minggu, 22 Februari 2015

DESA PAKRAMAN YANG DITUNJUK MENGIKUTI LOMBA DESA SADAR LINGKUNGAN DINILAI OLEH TIM DESA SADAR LINGKUNGAN KABUPATEN KARANGASEM

BLH KARANGASEM - Untuk mengaktifkan kembali keberadaan kelompok Desa sadar Lingkungan sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang Lingkungan, serta untuk mendorong terwujudnya Desa Pakraman yang bersih, sehat, lestari dan indah sesuai dengan nilai-nilai Tri Hita Karana. Penilaian di mulai dari Tanggal 2 sampai dengan 23 September 2014, Tim Desa Sadar Lingkungan Kabupaten Karangasem dipimpin oleh Sekretaris Tim I Nyoman Rudana, SH melakukan penilaian di Desa Pakraman se Kabupaten Karangasem dan turut sebagai Tim dari Instansi terkait yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karangasem, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karangasem, Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Karangasem, Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Karangasem, dan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem.
Ada pun Kreteria Evaluasi Desa Sadar Lingkungan ada 5 ( Lima ) Kawasan dan di masing – masing kawasan ada 6 aspek yang di evaluasi meliputi :
          1.      Aspek Pengolahan Sampah
          2.     Aspek Penyediaan Sarana Kebersihan
          3.      Aspek Konservasi/ Penghijauan/ Perindangan
          4 .    Aspek Partisifasi Masyarakat
          5.      Aspek Penegakan Hukum / Pengaturan dalam Awig-awig/ Perarem
          6.      Aspek Pengelolaan Limbah Cair
Adapun desa pakraman yang mengikuti program Desa Sadar Lingkungan Tingkat Kabupaten Karangasem yaitu :
          1.      Desa Pakraman Macang Kecamatan Bebandem
          2.      Desa Pakraman Peladung Kecamatan Karangasem.
          3.      Desa Pakraman Lebu Kecamatan Sidemen
          4.      Desa Pakraman Beluhu Kecamatan Kubu
          5.      Desa Pakraman Culik Kecamatan Abang
          6.      Desa Pakraman Ulakan Kecamatan Manggis
          7.      Desa Pakraman Menanga Kecamatan Rendang
          8.      Desa Pakraman Uma Citra Kecamatan Selat
Plt Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem Drs. Edi Setiadi Dwijantoro, menambahkan masalah lingkungan dewasa ini sudah menjadi ikon penting di dalam skala pembangunan. Karenanya melalui lomba desa sadar lingkungan merupakan satu metode untuk menstimulasi masyarakat mau berbuat positif terhadap lingkungan sebagai desa sadar lingkungan. Dengan demikian upaya menekan terjadi gradasi lingkungan bias dihambat sambil memicu kesadaran masyarakat agar mau menjaga lingkungannya. Usai penerimaan Tim dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

0 komentar:

Posting Komentar