Kamis, 05 Maret 2015

KERJASAMA PENANAMAN BIBIT BAMBU ANTARA PEMERINTAH KABUPATEN KARANGASEM, DESA BUGBUG DAN KARYA TANGAN INDAH DENPASAR DI DESA BUGBUG


Dalam rangka penanggulangan erosi diadakan kegiatan penanaman bibit bambu yang bekerjasama dengan Karya Tangan Indah (KTI) Denpasar pada hari Jumat tanggal 13 Pebruari 2015 di Areal Bukit Sang Hyang Ambu, Desa Bugbug. Penanaman bibit bambu tersebut dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH beserta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Karangasem dan masyarakat Desa Bugbug.Tanaman bambu di pilih karena bambu mempunyai pertumbuhan yang cepat, system perakaran yang kuat dan luas dapat memperkuat ikatan partikel-partikel tanah dan mampu menahan limpasan air, sehingga dapat mencegah erosi. Bambu merupakan jenis tanaman yang tepat digunakan untuk usaha konservasi tanah dan air terutama untuk tanah-tanah miring yang rawan longsor dan daerah-daerah tandus. Dengan penanaman bambu secara luas di lahan kritis, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya dukung lingkungan. Bambu menyerap air hujan sampai 90% sedangkan tanaman pepohonan rata-rata menyerap 35-40%. Dengan demikian bambu dapat meningkatkan aliran air bawah tanah, kelestarian sumber mata air. 


Sebagai tanaman yang memiliki total luas daun yang besar dan jaringan akar yang luas, tanaman bambu dapat ikut menyerap dan mengikat berbagai bahan dan gas pencemar di udara, tanah dan air. Bambu dapat digunakan untuk membantu program pemurnian air dan dapat juga berfungsi sebagai penghalang angin (windbreak) serta penghalang kebisingan. Bambu juga menghasilkan biomassa yang sangat tinggi. Hutan bambu dapat menghasilkan biomassa 7 kali lebih banyak daripada hutan pepohonan. Pemanfaatan bambu di Pulau Bali sangatlah bervariasi seperti membuat dinding bambu, rumah bambu, mebeler, kreasi industri kerajinan bambu dan bahan upacara keagamaan. Pentingnya bambu dalam setiap upacara menjadikan bambu sebagai salah satu pilar dalam kehidupan masyarakat Bali.

0 komentar:

Posting Komentar