Selasa, 21 Maret 2017

DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KARANGASEM GELAR PEMBINAAN TIM SOSIALISASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM (PROKLIM)

DLH KARANGASEM – Hari ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem melaksanakan Pembinaan Tim Sosialisasi Proklim Kabupaten Karangasem. Acara tersebut di buka langsung oleh Drs. I Nyoman Tari, M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem, serta didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Made Sujana, S.Sos MAP,  Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup I Wayan Tahun, S.Sos.,MAP, Kasi Pencemaran Lingkungan Hidup Dominika Mamoh, S.Si. MAP serta Staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem. Salah satu kegiatan untuk menunjang penurunan emisi Gas Rumah Kaca, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem melakukan kegiatan Pembinaan Tim Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) yang akan menjadi fokus sosialisasi, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.84/Menlhk-setjen/KIM.1/11/2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kampung Iklim serta dalam rangka mewujudkan target pemerintah Indonesia untuk mewujudkan 2000 Kampung Iklim di Indonesia sampai tahun 2020.

Kegiatan Program Kampung Iklim Salah satu kegiatan untuk menunjang penurunan emisi Gas Rumah Kaca dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK.
Kabupaten Karangasem telah ikut berperan aktif dalam mengusulkan lokasi Kampung Iklim ke Kementerian Lingkungan Hidup sejak tahun 2015 dimana lokasinya tersebar di beberapa Kabupaten/Kota sebagai salah satu kegiatan untuk menunjang penurunan emisi Gas Rumah Kaca sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.84/Menlhk-setjen/KIM.1/11/2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kampung Iklim serta dalam rangka mewujudkan target pemerintah Indonesia untuk mewujudkan 2000 Kampung Iklim di Indonesia sampai tahun 2020. Untuk mensosialisasikan Program Kampung Iklim tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem telah mengadakan acara Pembinaan Tim Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) dengan mengundang instansi terkait pada Selasa, 21 Maret 2017 bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem di Jalan Ngurah Rai - Amlapura. Dalam acara tersebut Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem mengundang langsung Bapak Drs. Gede Suarjana, M.Si ( Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali ), Ir Ida Bagus Gede Agung Budraka, M.MA ( Kabid P2KLH Provinsi Bali ) dan Ibu Ida Ayu Dewi Putri Ary, ST,. M.Si (Kasi Pemeliharaan Lingkungan Hidup) dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali sebagai narasumber acara sosialisasi.

Drs. I Nyoman Tari, M.Si mengatakan dengan adanya sosialisasi proklim ini dapat dimanfaatkan untuk membangun komitmen sekaligus bertukar informasi terkait pelaksanaan dan pengembangan Program Kampung Iklim serta dapat meningkatkan penguatan aksi lokal adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta Nantinya dapat meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Karangasem yang lebih bersih, lebih hijau, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang. Harapan saya nantinya kepada narasumber agar dapat meberikan materi, lebih menekankan kepada contoh-contoh Proklim atau Kampung Iklim yang sudah berhasil di daerah-daerah lain di Indonesia dengan demikian nantinya akan menjadi gambaran bagi tim Sosialisasi Proklim Kabupaten Karangasem untuk menggali potensi dan kearifan lokal dilokasi proklim di Kabupaten Karangasem yaitu Desa Sengkidu dan Desa Bebandem.(krn)

0 komentar:

Posting Komentar