Sabtu, 11 Maret 2017

UPACARA PIODALAN DI PADMASANA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KARANGASEM

Piodalan atau odalan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh umat Hindu di Bali untuk merayakan hari peresmian sebuah bangunan suci berdasarkan perhitungan kalender Bali. Setiap kegiatan upacara piodalan dilakukan untuk menjaga keharmonisan lingkungan sesuai dengan ajaran Tri Hita Karana. Konsep ajaran Tri Hita Karana yang menjadi tuntunan hidup masyarakat Bali terdiri dari Parhyangan (menjaga hubungan baik dengan Tuhan), Pawongan (menjaga hubungan baik dengan sesama), Palemahan (menjaga hubungan baik dengan lingkungan).
Piodalan di Padmasana Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem tahun ini jatuh pada Tumpek Pengatag/Tumpek Uduh, Saniscara Kliwon Wariga, tepatnya pada 11 Maret 2017 upacara dipuput oleh Ida Pedande Istri Ngurah dari Geria Pidade Sidemen. Para pegawai dan Staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem juga turut andil sebagai pengayah yang membantu menyiapkan serta melaksanakan setiap rangkaian upacara piodalan.



Konsep Tri Hita Karana terefleksi jelas pada kegiatan ini, para pegawai mempersembahkan korban suci kepada Sang Maha Pencipta sebagai wujud syukur atas segala berkah dan anugerah yang telah dilimpahkan (parhyangan). Para pegawai bersama-sama mempersiapkan acara upacara hingga upacara selesai selalu membutuhkan bantuan satu sama lain, karena acara akan berjalan lancar atas kerjasama yang baik antar semua pihak (pawongan). Jika semua pihak telah mampu menjalankan hubungan baik dengan semua aspek yang bersinergi secara harmonis maka akan timbul kerukunan yang membuahkan kedamaian, itulah wujud nyata dari palemahan.(krn)

0 komentar:

Posting Komentar