Rabu, 11 Februari 2015

SOSIALISASI REHABILITASI TERUMBU KARANG DI KELOMPOK NELAYAN MINA PRAMI, DUSUN LEBAH, DESA PURWAKERTHI, KECAMATAN ABANG, KABUPATEN KARANGASEM


BLH KARANGASEM - Seiring dengan pembangunan dan laju pemanfaatan sumber daya di wilayah pesisir yang semakin intensif, beban wilayah pesisir semakin meningkat termasuk terhadap ekosistem terumbu karang yang ada didalamnya. Pemanfaatan sumber daya ekosistem terumbu karang secara berkelanjutan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dewasa ini dihadapkan pada permasalahan yaitu semakin meluasnya kerusakan terumbu karang. Oleh karena itu, pada hari Rabu tanggal 11 Pebruari 2015 diselenggarakan kegiatan sosialisasi rehabilitasi terumbu karang di Kelompok Nelayan Mina Prami bertempat di Wantilan Banjar Jemeluk, Dusun Lebah, Desa Purwakerthi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem yang dihadiri oleh Bapak Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem I Komang Agus Sukasena, S.IP., MAP., Unsur dari Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan beserta Unsur dari Kecamatan Abang. Kegiatan diawali dengan kerjabakti bersih – bersih pantai , dipimpin oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup  Kabupaten Karangasem beserta masyarakat dan Kelompok Nelayan Mina Prami menyisir sepanjang pantai untuk membersihkan pantai dari sampah  khususnya sampah plastik.
Acara sosialisasi oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem menekankan pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang yang akan membawa efek ke kesejahteraan masyarakat. Masyarakat  dan instansi terkait diharapkan berpartisipasi menjaga kelestarian terumbu karang, melalui kebersihan lingkungan seperti pengelolaan sampah plastik. Beliau juga berharap agar masyarakat bersama-sama dan sepaham dalam proses rehabilitasi terumbu karang serta siap mendukung program yang akan dilaksanakan. Unsur Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan menghimbau masyarakat agar melaporkan segala tindakan pengeboman yang menyebabkan kerusakan terumbu karang ke Pokmaswas. Pihak Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan menyatakan telah mengoptimalkan proses pengawasan dengan memberi bantuan perahu untuk pengawasan perairan di Daerah Kecamatan Abang. Pada akhir acara, Kelompok Nelayan Mina Prami menyatakan sanggup dan setuju untuk menjaga dan merawat terumbu karang buatan yang akan diprogramkan.

0 komentar:

Posting Komentar